Kegiatan


Ngobrol Perempuan TOP melalui FKPT SULBAR

Mamuju, 04 Agustus 2021 Ngobrol Perempuan TOP Memalui FKPT Sulawesi Barat dengan narasumber hebat yakni Igor Tanjung Pambuko, S.S. (Kasi Lembaga Non Pemerintah Subdit Kerjasama Multilateral), Dr. Devie Rahmawati,M. Hum. (Staf Ahli Menteri Kominfo), Dr. H. M. Mulfi B Fattah, MM. (Kepala Kantor Wilayah Kemenag Prov. Sulbar). 

dalam Sambutannya DR. H. M. Mufli B Fattah menjelaskan tetantang Keragaman dalam sudut pandang Agama, keragaman merupakan anugrah dan kehendak Tuhan, jika menghendaki tentu kita tidak sulit menjadi seragam dan satu jenis saja. tapi tuhan maha menghendaki agar umat manusia Berama, bersuku-suku, berbangsa-bangsa dengantujuan kehidupan menjadi dinamis, saling belajar, saling mengenal satu sama lain. 

potensi yang menganggu keragaman, yang harus kita waspadai adalah konflik yang berlatar belakang agama. kelompok mashab dalam satu agama yang sama (sektarian atau intra agama), begaram kelompok dalam satu agama yang berbeda (komunal atau antar agama), antar pemeluk agama tertentu dan penganut aliran kepercayaan dan agama leluhur tertentu. pemicu konflik, saling menyalahkan tafsir dan paham keagamaan, merasa benar sendiri, tidak membuka drir pada tafsir dan pandangan keagamaan orang lain. 

moderasi beragama dapat dipahami sebagai sikap dan perilaku selalu mengambil posisi ditengah-tengah (wasathiyah), selalu bertindak adil, dan tidak ekstrem, dalam praktek beragama. yang dilakukan dalam menata moderasi beragama ialah, saling mendengarkan satu sama lain, saling belajar melatih kemampuan dan mengatasi perbedaan, saling menghormati tafsir dan praktek beraga serta tidak mengorek-orek perbedaannya./